Indonesia
Selasa, 27 Agustus 2024 16:46 WIB
Penulis:Redaksi
Editor:Redaksi
JAKARTA – Hubungan kedekatan antara Shopee dengan keluarga Presiden Joko Widodo baru-baru ini ramai dikulik di media sosial. Hal tersebut terjadi setelah warganet menemukan bahwa jet pribadi yang terlihat digunakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE.
Jet dengan nomor registrasi itu tak lain adalah milik Garena Online (Private) Ltd, sebuah unit usaha dari Sea Group. Shopee sendiri juga menjadi salah satu unit usaha Sea. Korporasi besar ini dimiliki Gang Ye, salah satu konglomerat terkemuka di Singapura.
Dia juga pendiri perusahaan game dan e-commerce dari Sea Group, Sea Limited. Ia mendirikan perusahaan ini bersama Forrest Li dan David Chen pada tahun 2009. Lantas, hal tersebut merembet ke mana-mana hingga keterlibatan Gang Ye dalam politik Indonesia, terutama dalam Pilpres 2024.
Spekulasi muncul setelah adanya kaitan antara aktivitas bisnis Sea Ltd. dan tokoh politik Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo. Saat meresmikan Sea Labs Indonesia di Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2022, Jokowi menginginkan agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar dalam ekonomi digital, tetapi juga menjadi pemain aktif di dalamnya.
Ia juga mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam ekonomi digital, yaitu diperkirakan mencapai US$146 miliar pada tahun 2025. Kontribusi ekonomi digital Indonesia juga diproyeksikan naik delapan kali di tahun 2030 yaitu di angka Rp4.531 triliun.
Namun, hingga kini belum ada yang buka suara terkait apakah Shopee termasuk donatur Pilpres untuk Gibran. Dalam beberapa tahun terakhir, Shopee terbilang aktif mengembangkan operasional perusahaannya di Solo atau ‘Kota Budaya’ tersebut. Sebagai buktinya, perusahaan itu merekrut lebih dari 1.000 karyawan, menyerap tenaga kerja lokal.
Dalam dialog bertajuk ‘Pengetatan Kemardikan Indonesia 2024’ yang diselenggarakan di Candi Ratna Pura Mangunegaran, Kota Solo, Jumat, 26 Juli 2024 Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan, Kota Solo memiliki daya tarik tersendiri.
“Pertama, Solo memiliki talenta digital yang berkualitas dan berkarakter, yang mendukung kinerja perusahaan di mata konsumen. Selain itu, dari segi infrastruktur, ekosistem digital di Solo sudah sangat mendukung operasional Shopee selama ini,” katanya.
Terkait hal tersebut, berikut beberapa proyek kerja sama Shopee dengan Gibran saat menjadi Wali Kota Solo.
Shopee Indonesia bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming, resmi membuka Kampus UMKM Shopee Ekspor sebagai bagian dari kolaborasi strategis untuk meningkatkan kualitas dan mempersiapkan UMKM Surakarta Go Ekspor pada UMKM Surakarta. Peresmian Kampus UMKM Shopee Ekspor ini menandai komitmen jangka panjang Shopee untuk mencetak 10 ribu eksportir asal Surakarta pada akhir 2021.
“Saya berharap dengan akses pembelajaran dan pendampingan yang semakin mudah, semakin banyak UMKM Surakarta yang tergerak untuk meningkatkan kualitasnya, dan menunjukkan mutu barang asli Surakarta yang berdaya saing,” ungkap Gibran dalam kunjungan ke Kampus UMKM Shopee Ekspor.
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menyatakan, peluncuran Kampus UMKM Shopee Ekspor adalah langkah awal bagi Shopee untuk menjadikan Surakarta sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pertama di Indonesia dalam pendidikan ekspor UMKM.
Data menunjukkan dari 40 ribu UMKM di Surakarta yang terdaftar di Shopee, 5 ribu di antaranya memiliki toko ekspor yang aktif. Program ekspor Shopee mengalami peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat selama periode Juni 2020 hingga Januari 2021. Pada Februari lalu, sebanyak 1,5 juta produk lokal berhasil diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.
Kampus UMKM Shopee menawarkan berbagai program yang dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan para pelaku UMKM, yang meliputi tiga aspek utama yaitu edukasi, pendampingan bisnis, serta fasilitas pendukung kinerja bisnis.
Perusahaan e-commerce Shopee Indonesia resmi membuka kantor di Solo Paragon untuk memperkuat layanan dan pengembangan bisnisnya. Langkah ini menjadi kabar baik bagi kota Solo, terutama dalam upaya pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.
Gibran menyatakan pembukaan kantor Shopee Solo akan memberikan peluang besar bagi talenta-talenta di Solo untuk bergabung dan menjadi bagian dari Shopee. Ia juga mengapresiasi komitmen Shopee dalam meningkatkan kualitas UMKM dan menciptakan lapangan pekerjaan.
Dengan demikian, masyarakat Solo khususnya, tidak perlu lagi merantau ke daerah lain untuk mencari pekerjaan, melainkan bisa bekerja di kota mereka sendiri sambil turut membesarkan tanah kelahiran mereka. Shopee juga mengajak lebih banyak perusahaan untuk membuka peluang kerja bagi warga Solo.
Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja meresmikan Shopee Solo Creative and Innovation Hub yang berlokasi di Solo Technopark, Surakarta, Jawa Tengah, Senin, 6 Desember 2021.
Kehadiran hub tersebut memfasilitasi generasi muda di Jawa Tengah agar dapat berjejaring dan bertukar ide demi menciptakan inovasi yang akan mendukung pemulihan ekonomi. Shopee akan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bisa diikuti oleh pelaku industri kreatif, membuka peluang kolaborasi, dan meningkatkan daya saing.
Selain hub dari Shopee, Garena Gaming and Community Hub juga hadir di lokasi yang sama, dengan tujuan untuk meningkatkan potensi atlet e-sports lokal.
Handhika berharap, fasilitas yang disediakan Shopee dan Garena dapat mendorong lahirnya generasi baru yang terus berinovasi dan berkolaborasi, serta mendukung pertumbuhan industri di kota Solo, baik di industri hiburan, game, maupun teknologi.
Bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, dan Le BHV Marais Paris, Shopee mengadakan program Java in Paris yang menampilkan ratusan produk UMKM lokal untuk dipamerkan di Le BHV Marais. Le BHV Marais adalah salah satu department store terbesar di Prancis, bagian dari jaringan Galeries Lafayette.
Dari 8 Juni hingga 17 Juli 2022, ratusan produk UMKM lokal yang telah dikurasi oleh tim di Paris akan dipamerkan dan dijual di Le BHV Marais. Gibran Rakabuming menyatakan, event Java in Paris merupakan tonggak pencapaian baru bagi UMKM lokal agar dapat dikenal dan diminati di pasar Eropa.
Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 27 Aug 2024