Jumat, 01 Mei 2020 16:55 WIB
Penulis:E. Ariana
Perusahaan asuransi PT AXA Mandiri Financial Services membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menangani dan menindaklanjuti aspirasi dari para nasabahnya.
Direktur Kepatuhan AXA Mandiri Rudy Kamdani mengatakan AXA Mandiri sangat menghargai aspirasi nasabah. Untuk itu, perseroan membentuk satgas khusus agar seluruh aspirasi tersebut dapat ditangani serta ditindaklanjuti. Hal ini disampaikannya melalui media sosial.
“Dapat kami sampaikan bahwa beberapa aspirasi tersebut telah dapat kami selesaikan dengan baik,” kata Rudy dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis, 30 April 2020.
Sejumlah nasabah di media sosial merasa dirugikan dengan penurunan investasi dan penempatan dana di AXA Mandiri. Para nasabah mengaku imbal hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan.
Menanggapi hal itu, Rudy menjelaskan bahwa produk asuransi yang dimiliki nasabah tersebut merupakan asuransi unit-linked atau PAYDI. Manfaat investasi yang didapat oleh nasabah tidak dijamin dan bersifat fluktuatif, tergantung dari jenis investasi yang dipilih.
Investasi unit-linked umumnya ditempatkan di pasar modal. Sejak awal 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah tertekan hingga merosot 25,13% akibat adanya pandemi COVID-19 dan penurunan harga minyak dunia.
Rudy memastikan perseroan akan selalu memperhatikan serta menindaklanjuti seluruh aspirasi para nasabah. Perseroan pun menyatakan selalu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dalam setiap proses, termasuk dalam pemasaran produk asuransi.
“Kami berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi nasabah, dalam hal ini karyawan, financial advisor, dan telesales officer kami telah menjalani pelatihan yang ketat agar mereka dapat memenuhi kebutuhan nasabah,” jelasnya.
Rudy mengimbau para nasabah untuk dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung melalui call center AXA Mandiri 1-500-803 dan email ke customer@axa-mandiri.co.id. Hal tersebut agar pihak perseroan dapat segera menindak lanjuti aspirasi para nasabah.
Hingga akhir 2019, AXA Mandiri telah melayani lebih dari satu juta masyarakat yang didukung oleh lebih dari 2.000 financial advisor yang tersebar di lebih dari 1.880 kantor cabang Bank Mandiri dan Bank Mandiri Syariah.
Adapun, total klaim yang sudah dibayarkan oleh AXA Mandiri hingga 31 Desember 2019 mencapai lebih dari Rp5,3 triliun.